Sabtu, 19 November 2011

Tugas softskill IBD


Budaya jawa Timur

           Sifat-sifat orang Jawa yang berbudaya berarti sudah bisa menguasai tiga hal secara baik, yang pertama adalah bertingkah laku menurut aturan , sopan , dan sopan-santun dalam bermasyarakat , yang ke dua adalah memiliki wawasan seni dan keindahan, dan yang ke tiga tanggap terhadap perintah utama dari Yang Maha Kuasa.
           Cita-cita masyarakat Jawa terletak dalam tata-tertib masyarakat yang laras. Seseorang sebagai individu tidak sangat penting , mereka secara bersama-sama mewujudkan kehidupan bermasyarakat, dan keselarasan bermasyarakat inilah yang menjamin kehidupan yang baik bagi individu-individu. Tugas moral seseorang adalah akan selalu menjaga keselarasan tersebut dengan cara menjalankan kewajiban-kewajiban sosial Kewajiban sosial itu sendiri adalah kewajiban yang menyangkut hubungan sosial, yaitu hubungan – hubungan antara yang satu dengan yang lain.


TUGAS SOFTSKILL IBD

budaya jawa tengah

Kebudayaan Jawa merupakan salah satu sosok kebudayaan yang tua. Kebudayaan Jawa mengakar di Jawa Tengah bermula dari kebudayaan nenek moyang yang bermukim di tepian Sungai Bengawan Solo pada ribuan tahun sebelum Masehi.


Tugas softskill IBD


Kebudayaan di manajemen

Beberapa aspek penting dari manajemen kebudayaan adalah :

(a) pengadopsian metode perencanaan baru, sebuah perencanaan yang memiliki pendekatan multidimensi yang dapat mengakomodasi sifat-sifat multidimensi, pertentangandan ketidaksepadanan;
(b) dari partisipasi menjadi kemitraan, sebuah manajemen yang menjadikan masyarakat tidak hanya memenuhi kewajiban administrasi, tetapi melibatkan mereka lewat berbagi informasi, konsultasi, pembuatan keputusan dan pelaksanaan aksi;
(c) mensistemasi informasi dari bawah ke atas atau sebaliknya ; dan
(d) memberi pelatihan bagi pembuat keputusan (agen) terhadap pendekatan budaya yang sensitif bagi pembinaan dan pengembangan kebudayaan
Jika pembangunan dan pengembangan kebudayaan dilakukan secara sungguh-sungguh, menyeluruh dan bersandarkan pada sejumlah pedoman di atas maka bisa diharapkan bahwa Kebudayaan Indonesia akan mampu mentransformasikan manusia Indonesia menjadi agen-agen kebudayaan (cultural agents) yang mampu menghadapi dinamika perubahan zaman dengan kepercayaan diri kultural yang kreatif, dinamis dan merdeka. 
Dengan kepercayaan diri kultural semacam itu, bangsa kita akan mampu untuk menerima serta memilah hal-hal baik dari berbagai kebudayaan luar tanpa harus kehilangan akar budaya nusantaranya dan tanpa harus menjadi objek pasif dari kebudayaan luar tersebut.  
Secara keseluruhan, peran proaktif manajemen kebudayaan tidak hanya memperkenalkan dan menyebarluaskan sistem, nilai serta norma kebudayaan Indonesia kepada dunia, namun akan mengambil peran yang lebih kompleks, yaitu berupaya membangun sebuah jembatan budaya yang akan menghubungkan berbagai kutub kebudayaan di dunia. Visi ini mesti menjadi kepedulian seluruh pranata dan insan seni Indonesia.


Tugas softskill IBD


Manusia dan Kebudayaan
Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun.


Macam- macam sifat dari kebudayaan

·  Hidup-kebatinan manusia, yaitu yang menimbulkan tertib damainya hidup masyarakat dengan adat-istiadatnya yang halus dan indah; tertib damainya pemerintahan negeri; tertib damainya agama atau ilmu kebatinan dan kesusilaan. 

·  Angan-angan manusia, yaitu yang dapat menimbulkan keluhuran bahasa, kesusasteraan dan kesusilaan.

·  Kepandaian manusia, yaitu yang menimbulkan macam-macam kepandaian tentang perusahaan tanah, perniagaan, kerajinan, pelayaran, hubungan lalu-lintas, kesenian yang berjenis-jenis; semuanya bersifat indah

Kamis, 13 Oktober 2011

TUGAS SOFT SKILL IBD


BUDAYA ANTRI INDONESIA

  BUDAYA ANTRI INDONESIA

 Orang Indonesia tidak terbiasa dengan budaya antri. Entah mengapa, masyarakat yang kerap disebut sebagai bangsa yang santun ini seolah tidak mengerti apa yang dirasakan orang lain. Tidak ada empati. Orang Indonesia hanya akan antri, kalau sudah dipaksa dalam sistem. Contohnya, antrian di Bank dengan sistem karcis. Hal-hal sederhana seperti berjalan di sebelah kiri, terutama jika berjalan dalam rombongan. Seringkali kita terhenti di gang atau trotoar ketika berpapasan dengan satu grup remaja atau orang dewasa. Mereka tidak merasa bersalah telah menghabiskan jatah orang lain.

Rabu, 05 Oktober 2011

Dasar pemasaran: peranan pemasaran dalam perusahaan dan masyarakat


Pengertian pemasaran

Pemasaran adalah suatu aktivitas ativitas yang saling berhubungan satu konsumen dan mengembangkan promosi,distribusi,pelayanan dan harga agar kebutuhan konsumen terpuaskan dengan baik.

Filosofi konsep pemasaran
Filosofi seperti ini, disebut Konsep Pemasaran sangat membantu perusahaan mencapai tujuannya dengan mengutamakan kepuasan konsumen melalui koordinasi dan integrasi antara bidang pemasaran dengan bidang kegiatan lainnya.
Peranan dalam perusahaan dan masyarakat
pemasaran harus bekerja dengan banyak bidang lain dalam perusahaan yang satu sama lain saling bergantung dan mendukung dalam pencapaian tujuan perusahaan.
mengkoordinasikan dengan faktor-faktor lingkungan yang sebagian besar berada di luar kontrol perusahaan.
mensegmentasikan pasar dan menciptakan kelompok-kelompok pasar yang memiliki karakteristik berbeda.

Fungsi-Fungsi Pemasaran :
1. Fungsi Pertukaran
Dengan pemasaran pembeli dapat membeli produk dari produsen baik dengan menukar uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan produk (barter) untuk dipakai sendiri atau untuk dijual kembali.
2. Fungsi Distribusi Fisik
Distribusi fisik suatu produk dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati kebutuhan konsumen dengan banyak cara baik melalui air, darat, udara, dsb. Penyimpanan produk mengedepankan menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.
3. Fungsi Perantara
Untuk menyampaikan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen dapat dilakukan pelalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lain seperti pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian informasi serta standarisasi / penggolongan produk.

Sumber :
http:// massofa.wordpress.com/.../peran-pemasaran-dalam-perusahaan
http://agrimaniax.blogspot.com/2010/05/fungsi-fungsi-pemasaran.html


Teks untuk tes

Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all