Selasa, 06 Desember 2011

DASAR PEMASARAN : PENGELOLAAN PRODUK DAN PENGEMBANGAN PRODUK BARU

Produk  merupakan  unsur pertama dan  paling  penting dalam suatu  pemasaran. Strategi produk memerlukan  berbagai keputusan yang  terkoordinasi  mengenai bauran produk, lini produk,  jenis produk dan jasa.
Setiap  produk  yang dilempar ke pasar dapat diamati dalam tiga jenjang; Inti produk adalah manfaat hakiki yang  benar-benar dibeli oleh pembeli. Wujud produk ialah ciri, gaya, mutu, merek  dan kemasan yang membentuk suatu produk. Sedangkan produk yang  disempurnakan merupakan gabungan dari wujud produk dengan berbagai  jasa  pelayanan  yang menyertainya, seperti misalnya jaminan  masa pemasangan, pemeliharaan serta penghataran  cuma-cuma.
Dalam  mengklasifikasikan produk beberapa macam  skema bisa diketengahkan. Sebagai contoh, produk dapat dikelompokkan menurut daya tahan mereka (barang tahan lama, barang tidak tahan lama dan jasa).  Barang  konsumsi  biasanya  diklasifikasikan berdasarkan kebiasaan konsumen dalam membeli (kebutuahan sehari-hari, belanjaan, barang khusus dan barang yang tidak dicari). Sementara itu barang  industri pada  umumnya dikelompokkan dari segi bagaimana peran mereka dalam proses produksi (bahan dan suku cadang, barang modal, perbekalan dan pelayanan).

sumber :  http://research.amikom.ac.id/index.php/AKM/article/view/994

0 komentar:

Teks untuk tes

Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all