Harga adalah sejumlah uang yang harus dibayar konsumen untuk mendapatkan sebuah produk atau jasa. Dalam bauran pemasaran, harga merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi pemasaran suatu produk. Tinggi rendahnya harga
selalu menjadi perhatian utama para konsumen saat mereka mencari suatu
produk. Sehingga harga yang ditawarkan menjadi bahan pertimbangan
khusus, sebelum mereka memutuskan untuk membeli barang maupun
menggunakan suatu jasa. Dari kebiasaan para konsumen, dapat disimpulkan bahwa strategi penetapan harga sangat berpengaruh terhadap penjualan maupun pemasaran produk yang ditawarkan.
1. Strategi penetapan harga produk baru
Dalam menetapkan harga produk
baru, usahakan menentukan harga yang dapat menarik minat pasar. Ada dua
cara yang dapat digunakan dalam menetapkan harga produk baru, yaitu
sebagai berikut :
- Skimming price
Yaitu menetapkan harga yang tinggi pada produk baru, dengan disertai
promosi yang besar – besaran. Kemudian semakin lama, harganya akan
semakin turun. Misalnya pada produk elektronik seperti handphone,
laptop, ataupun computer.
- Penetration price
Penetration price adalah kebalikan dari skimming price,
dengan menetapkan harga awal serendah mungkin untuk meraih pangsa pasar
yang luas menjangkau semua kalangan guna membangun image pada konsumen.
Misalnya pada tarif layanan operator baru ( Axis )
2. Strategi penerapan harga produk yang sudah lama di pasaran
Untuk penetapan harga produk lama yang sudah beredar dipasaran,
biasanya dapat berubah harga jika dipengaruhi adanya perubahan
lingkungan pasar ataupun adanya pergeseran permintaan konsumen. Untuk
mengatasi faktor tersebut, para produsen menggunakan tiga strategi
penetapan harga sebagai berikut :
- Untuk mempertahankan posisi dalam pasar serta image yang telah tertanam di masyarakat, produsen menggunakan strategi untuk tetap mempertahankan harga yang ada di pasaran.
- Produsen menurunkan harga, namun jika menggunakan strategi tersebut produsen harus memiliki cadangan biaya yang besar karena harus menerima keuntungan yang kecil.
- Menaikan harga produk, strategi ini dilakukan suatu usaha untuk mempertahankan keuntungan yang diperoleh di tengah naiknya biaya produksi.
0 komentar:
Posting Komentar