Kamis, 24 November 2011

Dasar Pemasaran : Proses Manajemen Pemasaran dan Strategi Pemasaran


PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMASARAN

Manajer harus mengambil sebuah keputusan sehingga harus menerapkan proses penyelesaian masalah yang sistematis. Keputusan secara sistematis diambil oleh menejer pemasaran akan selalu berada dalam suatu lingkungan yang kompleks dan penuh dengan ketidak pastian terutama menyangkut masalah penetapan harga, produk, distribusi, dan promosi. Semua itu tidak terlepas dari pengaruh faktor – faktor ekstern seperti, demografi, kondisi perekonomian, kebudayaan, persaingan, dan sebagainya. Keputusan yang rasional menghendaki adanya proses keputusan yang selaras dan logis.

Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan untuk mengambil keputusan secara efektif tentang produk. Faktor tersebut adalah :

  1. Analisa pasar, memberikan kemungkinan pada menejer untuk mengidentifikasikan kebutuhan dan keinginan para pembeli. Juga dapat menunjukkan sampai seberapa jauh penawaran yang ada bisa memberikan kepuasan pada mereka. Jadi analisa pasar membuka kesempatan untuk memperkenalkan produk baru yang menguntungkan ataupun untuk mengubah, memperbaikki, dan melengkapi produk yang ada.
  2. Memonitor Lingkungan, perusahaan harus berusaha memanfaatkan secara penuh kesempatan yang ada dengan sumber – sumber yang terbatas dan dipengaruhi oleh faktor – faktor lingkungan ekstern, seperti : demografi, kondisi perekonomian, sosial dan kebudayaan, politik dan hukum, teknologi dan persaingan.
  3. Menentukan tujuan produk, tujuan produk dikaitkan dengan masalah pengembangan investasi, laba dan market share atau volume penjualan.
  4. Menentukan Marketing Mix, manajemen dihadapkan pada tiga masalah yang harus dipertimbangkan
 Marketing strategi membutuhkan dua bagian yg saling membutuhkan, yaitu:

  1.  Targer market : yaitu sekelompokpelanggal homogen yang ingin perusahaan tersebut.
  2. Marketing mix : yaitu variabel variabel yang akan di awasi yg disusun oleh perusahaan tersebut untuk memuaskan kelompok yang ditarget

sumber : http://t1k4r.wordpress.com/2009/10/17/proses-manajemen-pemasaran/

0 komentar:

Teks untuk tes

Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all